Pengertian Sejarah Menurut Ahli Sejarah Lengkap

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli  - Secara umum Pengertian sejarah adalah peristiwa yang terjadi di masa lalu yang disusun berdasarkan peninggalan berbagai peristiwa. atau sederhananya, pengertian sejarah adalah ilmu yang mempelajari semua peristiwa atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu dalam kehidupan umat manusia.


Sejarah dalam bahasa Yunani dari kata Historia berarti penyelidikan atau pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian mendalam. Menurut bahasa Arab, sejarah berasal dari kata syarataun yang berarti pohon kayu bercabang karena sejarah bunga antara satu titik peristiwa bercabang ke titik kontak lain yang saling berhubungan. Menurut orang Jawa, sejarah berasal dari kata badad yang berarti sejarah dan sejarah atau bisa berarti memotong tanaman dengan pisau sehingga mereka cerah. Dalam bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata History yang berarti masa lalu, masa lalu umat manusia.
Baca Juga : (Lengkap) Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Secara Umum
Sedangkan menurut bahasa sejarah itu dibagi menjadi dua, yaitu pemahaman sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Memahami sejarah dalam arti sempit adalah suatu peristiwa atau peristiwa. Sedangkan pemahaman sejarah dalam arti luas adalah peristiwa manusiawi dari akarnya dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan kekuatan spiritual.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli - Pendapat para ahli yang mendefinisikan pengertian sejarah. Berbagai macam pemahaman sejarah menurut para ahli adalah sebagai berikut ...

Pengertian Sejarah Menurut Ahli Dalam Negeri (Indonesia)

  • Muhammad Yamin: Pengertian sejarah menurut Muhammad Yamin adalah ilmu yang disusun berdasarkan hasil investigasi beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan realitas material.
  • Moh. Hatta: Menurut Moh. Hatta, sejarah dalam bentuknya memberikan pemahaman tentang masa lalu. Sejarah tidak hanya melahirkan kriteria peristiwa masa lalu sebagai masalah. Sejarah bukan hanya peristiwa masa lalu, tetapi pemahaman tentang masa lalu yang berisi berbagai dinamika, mungkin mengandung pelajaran yang bermasalah bagi manusia berikutnya.
  • Nugroho Notosusanto: Pengertian sejarah menurut Nugroho Notosusanto bahwa sejarah adalah peristiwa yang melibatkan manusia sebagai makhluk sosial yang telah terjadi di masa lalu.
  • Taufik Abdullah: Pengertian sejarah menurut Taufik Abdullah adalah tindakan manusia dalam kurun waktu tertentu di masa lalu yang dilakukan di tempat tertentu.
  • Drs. Sidi Gazalba: Arti sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah masa lalu manusia dan di sekitarnya diatur secara ilmiah dan lengkap yang mencakup urutan fakta periode dengan interpretasi dan penjelasan yang memberikan pemahaman dan pemahaman tentang apa yang valid.
  • Moh. Ali: Pengertian sejarah menurut Moh. Ali bahwa sejarah adalah keseluruhan perubahan, dan peristiwa yang benar-benar telah terjadi. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perubahan yang benar-benar terjadi di masa lalu.
  • Rochmawati Wiriatmaja: Pengertian sejarah menurut Rochiati Wiriatmadja bahwa sejarah adalah disiplin ilmu yang menjanjikan nilai-nilai etika, moral, kebijaksanaan, spiritual dan budaya karena penelitiannya yang memberikan pedoman keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai, contoh keberhasilan dan kegagalan, dan sebuah refleksi dari pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.
  • Ismaun: Pengertian sejarah menurut Ishmaun adalah ilmu cerita tentang peristiwa yang benar-benar terjadi atau terjadi di semua aspek masa lalu. Sejarah adalah catatan atau catatan pilihan yang diatur dengan cermat tentang semua aspek kehidupan manusia di masa lalu.

Pengertian Sejarah Menurut Ahli Luar Negeri

Baca Juga :  40 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
  • Aristoteles: Pengertian sejarah menurut Aristoteles adalah sistem yang meneliti suatu peristiwa dari awal yang diatur dalam bentuk kronologis. dan menurut Aristoteles bahwa sejarah adalah peristiwa masa lalu yang memiliki catatan, catatan atau bukti nyata.
  • J.V. Bryce: Menurut J.V. Bryce, bahwa pengertian sejarah adalah catatan dari apa yang dipikirkan, dikatakan, dan dilakukan manusia.
  • W.H. Walsh: Pengertian sejarah menurut W.H. Walsh yang menafsirkan sejarah berfokus pada rekaman yang bermakna dan penting bagi manusia. Catatan tersebut mencakup tindakan dan pengalaman manusia di masa lalu tentang hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang bermakna.
  • Roeslan Abdulgani: Menurut Roeslan Abdulgani bahwa pengertian sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan secara sistematis menyelidiki seluruh perkembangan masyarakat dan kemanusiaan di masa lalu bersama dengan peristiwa dengan maksud kemudian menilai secara kritis semua hasil penelitian, untuk selanjutnya melayani sebagai pedoman keuangan untuk penilaian dan penentuan situasi saat ini dan arah proses di masa depan.
  • Patrick Gardiner: Pengertian sejarah sejarah menurut Patrick Gardiner bahwa makna sejarah adalah studi tentang apa yang telah dilakukan manusia.
  • Herodotus: Pengertian sejarah menurut Herodotus adalah studi yang menceritakan rotasi naik turunnya sosok, masyarakat, dan peradaban.
  • Robin Winks: Pengertian sejarah menurut Robin Winks adalah studi tentang manusia dalam kehidupan manusia.
  • Leopold Von Ranke: Menurut Leopald Von Ranke bahwa pengertian sejarah adalah apa yang sebenarnya terjadi.
  • Sir Charles Firth: Pengertian sejarah menurut Sir Charles Firth bahwa sejarah mencatat kehidupan masyarakat manusia, perubahan terus-menerus dalam masyarakat, merekam ide-ide yang membatasi tindakan orang, dan merekam kondisi material yang telah membantu atau menghambat perkembangannya.
  • Rober V. Daniels: Menurut Robert V. Daniels, memahami pengertian sejarah adalah memori masa lalu. Sejarah disebut dalam definisi sejarah manusia. Manusia adalah aktor sejarah. Kemampuan yang dimiliki oleh manusia adalah kemampuan untuk menangkap peristiwa yang ada di sekitar mereka. Tangkapan itu menjadi memori atau memori dalam dirinya. Memori ini akan menjadi sumber sejarah.
  • R. G. Collingwood: Pengertian sejarah menurut R. G. Collingwood adalah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia di masa lalu.
Demikian informasi tentang pengertian sejarah ahli sejarah. Semoga teman-teman dapat menerima dan memberi manfaat bagi kita semua, baik pengertian sejarah secara umum, pengertian sejarah menurut bahasa, pengertian sejarah menurut istilah, pengertian sejarah dengan cara yang sederhana, pengertian sejarah dalam arti sempit, pengertian sejarah dalam pengertian luas dan pengertian sejarah menurut ahli sejarah, baik pengertian sejarah menurut ahli dalam negeri, maupun pengertian sejarah menurut ahli asing. Itu saja dan terima kasih. Salam, Bagikan Teman.

Referensi: Pengertian Sejarah Menurut Ahli Sejarah Lengkap

  1. Marwan Supriyadi, Sejarah 1 untuk SMA / MA Kelas X / penyusun, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  2. Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka

0 Response to "Pengertian Sejarah Menurut Ahli Sejarah Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel