Fungsi, Tujuan, Prinsip, Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Kali ini, Pengertian manajemen menurut para ahli dan, secara umum, lengkap dengan fungsi, prinsip, tujuan dan jenisnya. Manajemen adalah seni dalam proses dan pengorganisasian sains. Ini adalah proses yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan bekerja dalam tim.

Manajemen adalah seni mengatur berbagai hal, baik orang atau pekerjaan. Dalam penerapannya, manajemen memiliki topik dan objek. Subjek adalah orang yang memerintah, sedangkan objeknya adalah orang yang diatur.

Dapat juga diartikan bahwa manajemen adalah ilmu yang sistematis untuk memahami proses manusia bekerja bersama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, kelompok dan komunitas yang lebih besar.

Orang yang merumuskan dan melakukan tugas sehari-hari dan melakukan berbagai tindakan manajemen disebut manajer.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen secara umum adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengarahan, pengendalian dan pengendalian melalui penggunaan sumber daya yang efektif dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. tujuan ditetapkan.

Pengertian Manajemen Menurut Etimologi

Kata Manajemen berasal dari manajemen Prancis kuno, yang berarti "seni membuat dan mengatur".

Kata manajemen dapat berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan", khususnya dalam konteks kendali kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti "tangan".

French kemudian mengadopsi kata bahasa Inggris ini dalam manajemen, yang berarti seni melaksanakan dan mengatur.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Selain konsep manajemen umum seperti yang dibahas di atas, para ahli dan ahli memiliki pandangan yang berbeda tentang apa yang dimaksud dengan manajemen. Untuk perincian lebih lanjut, lihat koleksi konsep manajemen berikut sesuai dengan para ahli secara keseluruhan,

Ensiklopedia Ilmu Sosial
Pengertian manajemen adalah proses yang, dalam pelaksanaan tujuannya, direncanakan, diimplementasikan, dan diawasi.

Mary Parker Follet

Manajemen adalah seni, setiap pekerjaan dapat dilakukan dengan orang lain. Pengertian ini berarti bahwa seorang manajer bertanggung jawab untuk mengelola dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

George R. Terry
Manajemen adalah proses khas yang terdiri dari tindakan: perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi dan pemantauan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang ditetapkan melalui penggunaan sumber daya manusia dan sumber lainnya. Manajemen adalah wadah ilmiah, sehingga manajemen dapat dibuktikan secara umum.

James A.F Stoner
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengarahan berbagai kegiatan bisnis dari anggota entitas / organisasi dan menggunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang dinyatakan.

Ricky W. Griffin

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara ini berarti bahwa tugas yang ada dilakukan dengan benar, terorganisir, dan tepat waktu.

Henry Fayol
Manajemen adalah ilmu yang memuat ide atau gagasan 5 fungsi utama, yaitu desain, tata kelola, organisasi, kontrol dan koordinasi.

Eiji Ogawa
Rencana manajemen, implementasi dan kontrol setiap aktivitas yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan diartikan setiap target yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

John D. Millet
Dalam bukunya, Management in the Public Service, ia berpendapat bahwa gagasan manajemen adalah proses memberikan anggota suatu organisasi sarana untuk mencapai tujuan mereka.

Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen mengatur sesuatu dengan memindahkan orang, uang, mesin dan peralatan sesuai kebutuhan.

Harold Koontz dan Cyrill O'Donnel
Dia menjelaskan apa itu manajemen dalam bukunya The Principles of Management, yang mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan lain.

Manullang
Manajemen adalah seni dan ilmu merekam, mengatur, menyusun, mengarahkan, dan mengawasi sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Luther Gulick
Memahami manajemen adalah bidang ilmiah yang secara sistematis berupaya memahami bagaimana dan mengapa manusia bekerja bersama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Joseph Massie
Manajemen adalah proses dimana kelompok bekerja bersama untuk mengarahkan tindakan mereka menuju tujuan bersama.

Theo Haimann dan William Scott
Pengertian manajemen adalah proses sosioteknik yang menggunakan sumber daya, pengaruh, tindakan manusia dan fasilitas perubahan untuk mencapai tujuan organisasi.

Karnadi Wargasasmita
Manajemen mengelola, mengelola, mengarahkan, dan mengawasi pekerjaan berdasarkan tujuan bisnis.

Wilson Bangun
Manajemen adalah serangkaian kegiatan atau beragam kegiatan yang dilakukan oleh setiap anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Drs. Oey Liang Lee
Manajemen adalah seni perencanaan dan ilmu: mengatur, menyusun, mengendalikan, dan mengarahkan sesuai dengan sumber daya perusahaan sendiri untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Lawrence A. Appley
Perasaan manajemen adalah keterampilan yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk membuat orang lain ingin melakukan sesuatu.

Richard L.Daft (2002: 8)

Manajemen adalah pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien melalui perencanaan organisasi, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.

Lyn, bukan F.Urwick
Manajemen membuat perkiraan, merencanakan organisasi / perencanaan, pesanan / koordinat, koordinat / koordinat dan kontrol / kontrol.

Hilman
Manajemen adalah fungsi yang mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain dan mengawasi upaya masing-masing untuk mencapai tujuan yang sama.

Ahuja
Manajemen adalah bagian yang menawarkan / menyediakan layanan untuk bidang yang terkait dengan manajemen.

Peter F. Ducker
Pengertian manajemen sebagai badan multiguna yang mengatur bisnis dan pemerintahan, pekerja dan pekerjaan.

Gordon (1976) dalam Bafadal (2004: 39)
Manajemen adalah metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.

Peterson dan Ploughman
Memahami manajemen adalah proses di mana cara tertentu digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Bernard Chaster
Manajemen adalah ilmu yang memuat ide dengan lima fungsi utama, yaitu desain, organisasi, organisasi, kontrol dan koordinasi.

Mulayu S.P. Hasibuan (2000: 2)
Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses penggunaan sumber daya manusia dan sumber lainnya secara efektif untuk mencapai suatu tujuan.

T. Hani Handoko (2000: 10)
Manajemen bekerja dengan karyawan untuk mengidentifikasi, menafsirkan, dan mencapai tujuan organisasi dengan menerapkan fungsi perencanaan, pengorganisasian, persiapan personil, manajemen, pengarahan, dan kontrol.

Cyril O'Donnel
Dalam bukunya Prinsip Manajemen, dijelaskan bahwa pengertian manajemen terkait dengan realisasi sesuatu yang dilakukan oleh dan dengan orang lain.

William H. Newman
Arti manajemen adalah ilmu perilaku yang mencakup banyak aspek sosial dalam konteks perencanaan.

Thomas H. Nelson
Manajemen adalah ilmu dan seni menggabungkan ide, fasilitas, proses, bahan dan orang untuk menghasilkan barang / jasa yang bermanfaat dan menjualnya secara menguntungkan.

Gibson, Donelly dan Ivancevich
Manajemen adalah proses yang digunakan satu atau lebih orang untuk mengoordinasikan kegiatan orang lain untuk mencapai hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang tersebut.

Renville Siagian
Manajemen adalah salah satu area bisnis sektor jasa yang dikelola oleh para ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Davis (1951)
Kepemimpinan adalah fungsi kepemimpinan eksekutif di mana saja (manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif, di mana pun berada).

Bennett N.B Silalahi, M.A
Manajemen adalah ilmu perilaku dengan aspek sosial yang tepat yang bukan tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja dalam hal perencanaan.

Koontz
Memahami manajemen adalah seni yang paling produktif yang implementasinya didasarkan pada pengertian tentang pengetahuan yang mendasarinya.

Kimball dan Kimball (1951)
Manajemen mencakup semua tugas dan fungsi yang mencakup persiapan bisnis, pembiayaan, mengembangkan pedoman kebijakan, menyediakan semua bahan yang diperlukan, menyiapkan kerangka kerja organisasi dan memilih manajer yang paling senior.

Robbins dan Coulter
Manajemen adalah proses mengoordinasi dan mengintegrasikan kegiatan kerja yang perlu dilakukan secara efektif oleh orang lain.

Fredrik Winslow Taylor
Manajemen adalah seni mengetahui apa yang ingin Anda lakukan, kemudian melihat bagaimana Anda melakukan sesuatu dengan cara terbaik dan dengan harga terbaik.

The Liang Gie (1982)
Pengertian manajemen adalah elemen yang terdiri dari serangkaian tindakan yang bertujuan untuk menggerakkan karyawan dan mengarahkan semua fasilitas kerja sehingga tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

Sp. Siagian
Dalam buku "FILOSOFI ADMINISTRASI, manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk mencapai hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui orang lain.

Tead Ordway
Diadaptasi oleh Drs. Il Rosyidi, dalam buku "ORGANISASI DAN MANAJEMEN", menjelaskan bahwa pengertian manajemen adalah proses dan pelaksanaan kegiatan perilaku bisnis dan menunjukkan arah organisasi tugas dalam mencapai tujuan yang ditetapkan .

Fungsi Manajemen

  • Perencanaan (planning)
  • Pengorganisasian (organizing)
  • Pengarahan (directing)
  • Pengendalian (Controlling)

Prinsip - Prinsip Manajemen

  • Pembagian kerja (division of work)
  • Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
  • Disiplin (discipline)
  • Kesatuan perintah (unity of command)
  • Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  • Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri (subordination of individual interests to the general interests)
  • Pembayaran upah yang adil (renumeration)
  • Pemusatan (centralisation)
  • Hierarki (hierarchy)
  • Tata tertib (order)
  • Keadilan (equity)
  • Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
  • Inisiatif (Inisiative)
  • Semangat kesatuan (esprits de corps)

Tujuan manajemen

  • Menerapkan dan mengevaluasi strategi yang telah kami pilih secara efektif.
  • Mengevaluasi kinerja, meninjau dan meninjau situasi, dan membuat berbagai penyesuaian dan koreksi jika ada kesenjangan dalam implementasi strategi.
  • Selalu perbarui strategi yang kami rumuskan untuk menyesuaikannya dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Selalu pertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari peluang yang ada.
  • Selalu berinovasi dalam aktivitas sehingga kita hidup lebih teratur.

Macam - Macam Manajemen

  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Administrasi
  • Manajemen Personalia
  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Informasi
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Pengetahuan
  • Manajemen Pendidikan
  • Manajemen Resiko
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Proses
Dengan demikian, pembahasan mengenai Pengertian manajemen oleh para ahli dan secara umum selesai, serta fungsi, prinsip, tujuan . Saya berharap penjelasan di atas bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk pengetahuan dalam memahami apa itu manajemen.

0 Response to "Fungsi, Tujuan, Prinsip, Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel